Alasan Kenapa Harus Berorganisasi di Kampus

Assalamualaikum.. Postingan spesial buat mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang. Hem.. Awal kuliah, pasti semangat menuntut ilmu mas...

Assalamualaikum..
Postingan spesial buat mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang. Hem.. Awal kuliah, pasti semangat menuntut ilmu masih berkobar. Apa yang biasa kamu lakukan saat waktu kosong? Jalan-jalan, membaca, pacaran, atau rapat organisasi? Masa kuliah adalah periode emas bagi pengembangan softskill dan hardskill. Selain menimba ilmu di ruang kelas (hardskill), kamu juga diharapkan mengasah kemampuan lain, yakni kemampuan interpersonal (softskill). Kemampuan interpersonal menjadi bekal yang tidak kalah penting selain kemampuan akademis. 
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan interpersonal. Mengapa tidak mencoba aktif dalam organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)? Tidak hanya menambah teman dan memperluas jejaring sosial, berkegiatan di organisasi atau UKM  juga melatih keterampilan berkomunikasi, bersosialisasi dengan banyak karakter, serta belajar mengatur waktu dan profesionalisme kerja. 
Lalu bagaimana organisasi bisa memengaruhi kemajuan diri dan bahkan karir di masa depan? Jawabannya ada pada jenis dan peranmu di dalam organisasi atau UKM. Ada banyak jenis organisasi dan UKM, mulai dari HMJ maupun Ormawa secara umum, dengan isu atau kepedulian yang berbeda-beda, misalnya alam, olahraga, sosial-budaya, keagamaan, seni, dan lain-lain. 

Pilih yang sesuai minat
Dari sekian banyak pilihan organisasi, pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat. Lebih baik lagi jika organisasi itu sesuai dengan bidang karir yang ingin kamu tuju seusai kuliah. Apabila kamu suka menulis, kembangkanlah dalam pers kampus, atau bagi yang punya bakat menari atau bermusik, bergabunglah di UKM kesenian.
Mengetahui minat dan bakat akan membantumu menentukan tujuan karir ke depan. Menjadi “kutu loncat” organisasi dengan mengikuti organisasi A lalu B untuk mencari kecocokan sebenarnya sah-sah saja, asalkan kamu keluar dengan etika yang baik misalnya dengan berpamitan atau memberikan keterangan.
Sama seperti jenjang karir dalam perusahaan, organisasi juga memiliki tingkatan 'karir'. Setelah beberapa saat menjadi anggota, ada baiknya kamu naik jabatan di tempat-tempat strategis, misalnya menjadi pengurus. Menjadi anggota aktif memang baik. Namun jika mampu menjadi seorang pemimpin yang baik, kenapa tidak? Jangan takut mendapat cap ambisius karena berani mencalonkan diri atau takut gagal memimpin. Kamu tidak akan tahu seberapa besar kemampuanmu jika tidak pernah mencoba. Menjadi pengurus akan semakin mengasah kemampuanmu dalam kepemimpinan dan mengorganisasi sesuatu.
Jika kamu merasa punya kemampuan dan sanggup, tidak ada salahnya dikembangkan dan digunakan untuk kepentingan bersama. Kalau kamu merasa masih belum mampu atau merasa tidak memiliki kemampuan yang cukup, usahakanlah menjadi anggota yang aktif memberi saran, dan tidak takut dikritik atau mengkritik. Jadikanlah masa kuliahmu semakin bermakna dengan berorganisasi.

Organisasi bagi kesuksesan karir
Hal di atas diperkuat dengan pernyataan dari Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog, People Development Manager ECC UGM. Ia mengatakan, “Dewasa ini, hardskill  bukanlah jaminan kesuksesan di dunia kerja. Memiliki softskill akan lebih menjual dan berpengaruh bagi karir seseorang.” ujarnya. Masih menurut Rudi, “Dua keahlian tadi memang wajib dimiliki. Namun, kemampuan softskill seperti kerja sama tim serta kemampuan berinovasi, akan lebih sering digunakan nantinya,” tukas Rudi mantap.
Tak hanya itu, Rudi menambahkan bahwa pada saat proses rekrutmen kerja, orang-orang yang aktif berorganisasi akan lebih dilirik perusahaan dibanding mereka yang tidak aktif berorganisasi. Bahkan meskipun orang tersebut hanya mencapai IPK standar. Pihak perusahaan lebih yakin, orang yang aktif organisasi sudah terbiasa menghadapi konflik sehingga tidak akan terkejut ketika berhadapan dengan masalah pekerjaan. 

Penulis : Aura Cubanimita (Alumnus Ilmu Sejarah-FIB UGM 2013,Penulis lepas dari Yogyakarta)

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,101,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,5,Ceritaku,48,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,160,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,42,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,26,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,62,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Alasan Kenapa Harus Berorganisasi di Kampus
Alasan Kenapa Harus Berorganisasi di Kampus
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3FvvZfLJbI_d4PhZJXg0-hzDZIvKygw5wu9twLN3gZSrZCZ5N3EdZueKAVETRPNgyFEQyUvMa7iBMmfI6qba80nJtjnx2Q0a21bw5cIhKJaHVG7VuT-UD_GzfljUhbsUlBVSJdInKuz8/s1600/milad+jazirah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3FvvZfLJbI_d4PhZJXg0-hzDZIvKygw5wu9twLN3gZSrZCZ5N3EdZueKAVETRPNgyFEQyUvMa7iBMmfI6qba80nJtjnx2Q0a21bw5cIhKJaHVG7VuT-UD_GzfljUhbsUlBVSJdInKuz8/s72-c/milad+jazirah.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://neverblast.blogspot.com/2014/09/alasan-kenapa-harus-berorganisasi-di.html
http://neverblast.blogspot.com/
http://neverblast.blogspot.com/
http://neverblast.blogspot.com/2014/09/alasan-kenapa-harus-berorganisasi-di.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy